Meditasi Bantu Atasi Keterbatasan Diri



Keseimbangan kearifan yoga merumuskan lima prinsip dasar pemikiran. Di antaranya prinsip fungsi postur atau Yoga Asanas, Pranayama yang membeberkan makna olah tubuh yang tepat dan pernapasan yang tepat, serta Savasana atau relaksasi maksimum untuk mendinginkan sistem tubuh. Nah, bagian kedua dari tulisan ini akan mengupas dua kunci prinsip kearifan lain yang menyempurnakan semboyan hidup dan berpikir sederhana.



Pola Makan yang Tepat

Pola makan yoga atau Sattvic vegetarian adalah metoda memberikan bahan bakar yang tepat untuk tubuh dan pikiran. Penggunaan yang optimal dari makanan, air, cahaya matahari merupakan aspek yang penting. Makanan dari bahan yang segar, sederhana, dan alami yang mudah dicerna dan diserap adalah kunci bagi tubuh yang sehat dan berfungsi baik.

Latihlah diri untuk mengkonsumsi makanan sehat, yaitu makanan yang bisa menjaga kesehatan tubuh. Makanan segar dan sederhana adalah gambaran makanan yang sehat.




Pikiran Positif dan Meditasi Menumbuhkan Cara Pikir yang Positif

Dyana dan Vedanta atau pikiran yang meditatif dan positif mampu menyingkirkan berbagai hambatan dalam perjalanan hidup. Meditasi dapat membantu manusia melewati keterbatasan yang ada dalam diri dan mengenal kedamaian hati.

Sebenarnya kebahagiaan yang dicapai melalui pikiran bersifat sementara dan mengambang. Kebahagiaan semacam ini dibatasi oleh alam. Sementara untuk mencapai kebahagiaan dan kedamaian absolut, terlebih dahulu harus memahami cara menenangkan pikiran, berkonsentrasi, dan melewati batas pikiran.




Dengan mengalihkan konsentrasi pikiran ke arah dalam, ke diri sendiri, manusia dapat memperdalam pengalaman untuk kesempurnaan berkonsentrasi. Inilah yang disebut dengan meditasi. Kita menjadi apa yang kita pikirkan—persis seperti pengemudi yang mengendarai mobilnya menuju tujuan yang diinginkan.


Lantas, bagaimana kelima prinsip dapat diperkenalkan kepada tubuh kita—kalau sudah menjadi cara hidup—atau dipertahankan terutama bagi yang hidup di perkotaan dan tidak bisa menghindar dari kenyataan hidup yang demikian kompleks?


Sama halnya dengan mobil dan bahkan sistem lainnya di dunia ini, sesekali tubuh memerlukan pemeliharaan dan perawatan khusus, seperti mengistirahatkan tubuh.


Ada berbagai cara meditatif dan penyelarasan tubuh yang bisa menjadi pilihan, mulai dari penggunaan musik, melukis, menikmati alam, melakukan olah raga tertentu, kuliner, dan lain sebagainya. Walaupun beragam, tujuan dari penyelarasan ini selalu memasukkan aspek yang sama: untuk berhenti barang sejenak dan membebaskan pikiran dari segala keruwetan yang menumpuk dan menggantikannya dengan kedamaian. Karena lazimnya, kedamaian akan selalu didamba.(EPN)







sumber:
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10026142

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Artikel Unikz • Design by Dzignine